July 3, 2022

sakuraji.net

Blog sederhana untuk memberikan referensi bagi anda

Tahapan Perkembangan Kognitif Anak Usia Batita

3 Tahapan Perkembangan Kognitif Anak Usia Batita

Perkembangan kognitif anak terpetakan sesuai dengan umurnya. Terutama pada usia emas pertumbuhan fisik dan otaknya, yaitu usia 1-3 tahun. Hal inilah yang biasanya menjadi patokan apakah si Buah Hati sudah berkembang dengan baik atau belum mencapai kondisi ideal tersebut.

Perkembangan Kognitif Anak

Tahapan perkembangan kognitif anak pada usia 3 tahun pertama adalah sangat menakjubkan, karena terlihat begitu pesat.. Dari yang terlihat, mulai bisa tersenyum sampai pada akhirnya mengucapkan kalimat yang agak panjang.

Usia 0 – 1 Tahun

Pada umur ini, perkembangan kecerdasan anak sangat mengagumkan, karena sudah mulai untuk mengeksplor keadaan lingkungannya dengan berpusat pada panca indra. Anak akan mulai mengecap semua benda yang ditemuinya. Dengan cara memasukan ke dalam mulut. Menyentuhnya dan sesekali tertawa lucu.

Anak juga mulai mengeluarkan suara dengan nada dan volume yang berbeda. memperhatikan spektrum warna pada benda dengan lebih jelas.Batita juga mulai memberikan respon terhadap stimulus yang diberikan oleh orang disekitarnya. Antara lain dengan bertepuk tangan ketika ada yang menyanyi.

Usia 1 – 2 Tahun

Pada usia ini, anak akan lebih banyak mengamati aktivitas yang dilakukan oleh orang dewasa. Kemudian, akan menirunya dengan baik. Oleh karenanya, pada masa ini, orangtua disarankan untuk mencontohkan perilaku yang hendak ditiru oleh anak.

Pada usia ini ,anak akan mengembangkan kemampuannya berkomunikasi dengan cara merespon sebuah ajakan. Kemudian akan mengingat ciri-ciri suatu benda dan mencari hubungannya dengan benda yang lainnya. Anak juga akan mengeksplorasi lebih dalam lagi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Jangan heran jika kemudian anak akan mencoba bertanya, walaupun hanya menggunakan bahasa tubuh serta kata yang singkat. Pada masa inilah orang tua wajib untuk mendampinginya. Terlebih lagi dengan kemampuannya mengeksplorasi lingkungan,

Usia 2 – 3 Tahun

Pada masa ini, anak sudah dapat berjalan dengan sempurna, sehingga akan lebih merasa berdaya dengan cara beraktivitas tiada henti. Ia akan lebih mengeksplorasi lingkungannya. Bisa jadi ditandai dengan kemampuan fisiknya yang meningkat. Mempertanyakan segala sesuatu yang menjadi ketertarikan.

Anak juga mulai dapat menanggapi perintah sederhana dari orang dewasa, Seperti mengambilkan remote TV atau buku. Bersama dengan teman sebaya, biasanya akan mulai untuk bermain yang menirukan kegiatan orang dewasa. Antara lain main tamu-tamuan, jual-jualan, atau pura-pura memasak.

Pada masa ini, orangtua dapat membantu perkembangan kognitifnya dengan cara memperkenalkan benda nyata kepada anak. Misalnya memperlihatkan beraneka macam daun yang berbeda bentuk serta warna. Bisa juga mengenali berbagai jenis bunga dan warnanya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anak.

Dengan penjelasan mengenai perkembangan kognitif si Buah Hati, kini orangtua dapat melihat, sampai mana anak telah mencapai kondisi ideal tersebut. Jika belum, dapat diberikan stimulus untuk membantunya mencapai kemampuan tersebut.