August 20, 2022

sakuraji.net

Blog sederhana untuk memberikan referensi bagi anda

5 Alasan Pentingnya Keamanan Akses Air Bersih ke Rumah Tangga

5 Alasan Pentingnya Keamanan Akses Air Bersih ke Rumah Tangga

Masih banyak rakyat Indonesia yang ditemukan belum mempunyai akses air bersih maupun sanitasi yang layak di rumah. Padahal, keduanya adalah hal krusial bagi kelangsungan kesehatan. Air higienis merupakan kebutuhan dasar dan adalah salah satu poin pada tujuan pembangunan berkelanjutan. Pemerintah memiliki keharusan dalam menjamin akses air bersih ke rumah tangga dan Anda harus mengetahui kenapa hal tersebut sangat penting.

Syarat Air Bersih

Pada konsumsi air, setidaknya ada tiga syarat air bersih dan layak konsumsi. Selain akses, kebersihan air juga penting. Syarat tersebut akan dipaparkan di bawah ini.

1.     Syarat Kimiawi

Persyaratan ini terkait dengan tingkat keasaman, kandungan mineral, dan bahan kimia lainnya dalam air minum. Air minum yang sehat harus mengandung sejumlah mineral esensial yang dibutuhkan tubuh, seperti Fe (besi), Zn (seng), Mn (mangan),Cu (tembaga), serta Cl (klorida) dalam skala tertentu. Air minum yang sehat  tidak boleh mengandung logam berat yang beracun.

2.     Syarat Fisik

Persyaratan ini mengacu pada keadaan fisik air yang dapat dilihat oleh manusia secara langsung. Air yang dikonsumsi masyarakat jelas harus jernih, terdistorsi, tidak berbau, tidak ada endapan, dan rasanya tawar. Serta tidak berada di suhu lebih rendah atau suhu udara eksternal, yaitu memiliki suhu kamar antara 10 sampai 25 derajat Celcius.

3.     Syarat Biologis

Air harus bebas dari segala macam bakteri atau kuman penyakit. Terutama karena air digunakan untuk minum. Bakteri yang sering diperhatikan adalah Escherichia Coli dan Salmonella Sp sebagai sebab dari sakit perut dan diare.

Pentingnya Keamanan Akses Air Bersih

Keamanan dari akses air bagi masyarakat harus dijamin. Karena manusia sangat bergantung pada hal tersebut. Pentingnya keamanan akses air ini dikarenakan beberapa faktor.

1.     Menghindari Stunting

Walaupun nutrisi yang dikonsumsi banyak serta seimbang, akan tetapi ketika air yang dikonsumsi atau dipakai tidak bersih, semua akan percuma. Pada akhirnya tubuh tidak mampu menyerap nutrisi mampu berujung terjadi stunting atau gizi buruk. Selain itu, penerimaan air yang kurang baik dalam tubuh secara akan menurunkan tingkat produktivitas.

2.     Menghindari Penumpukan Limbah

Karena sanitasi yang buruk, limbah bisa terkumpul di satu titik yang merupakan wilayah pemukiman. Limbah ini sendiri bisa menjadi sumber akses air bersih yang sulit, sehingga ketika air masuk ke pemukiman, wujudnya sudah tercemar. Penumpukan limbah tentu akan menyebabkan biang penyakit, tanah tidak subur, dan pertumbuhan daerah terhambat.

3.     Menghindari Bibit Penyakit

Kualitas air buruk yang ada di rumah tangga akan membawa banyak penyakit. Diare, tipes, dan berbagai penyakit pencernaan bisa mewabah di suatu daerah. Pertumbuhan kuman dan bakteri bisa lebih tinggi jika tidak terdapat air bersih di suatu pemukiman.

Meskipun akses air bersih ke rumah tangga menjadi tanggung jawab utama pemerintah, masyarakat tetap bisa mengambil andil. Coba usaha kecil seperti menjaga kebersihan, memperluas penghijauan, mengawasi zat tercemar dalam air, dan lainnya.